KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 17 Mei 2011

PERCAYAI PENGOBATAN TRADISIONAL

Jack, pengacara, bertindak lebih seperti seorang hakim daripada pasien pada kunjungan pertamanya ke Klinik Herbal Pengobatan Tradisional Tiongkok saya. Begitu ia melihat saya ia mengajukan daftar pertanyaan padaku, "Kapan Anda mulai berlatih pengobatan Tiongkok ? kamu lulus dari sekolah apa?? Gelar anda apa? Apa spesialisasi Anda?" Ada ketidakpercayaan dalam suaranya. Saya dengan tenang dan sopan menjawab setiap pertanyaannya. Dalam hati, saya  mengamati, sambil  berbisik, "Ini tidak masuk akal.. Dia lupa bahwa dia datang ke sini untuk perawatan medis" Dia melihat bahwa saya masih tenang dan tidak memperhatikan dirinya, membuat merah wajahnya. Sepanjang waktu dia meremas bola kapas yang direndam dalam alkohol  sambil mencari jarum akupunktur yang dirasa cocok untuk digunakan pada dirinya.

Aku bertanya tentang gejala yang diderita Jack. Dia mengatakan kepada saya bahwa telapak kakinya terluka. Dia belum bisa berjalan normal atau latihan untuk waktu yang lama. Dia mengatakan rasanya  seperti ribuan jarum menusuk bagian bawah kakinya ketika ia berada di posisi berdiri. Dia telah pergi ke banyak rumah sakit dan mencoba berbagai jenis pengobatan. Tak satu pun dari mereka yang efektif, sehingga ia memutuskan untuk mencoba akupunktur. Saya memberikan dia perawatan rutin untuk sakit kaki. Setelah meninggalkan dia berkata sopan, "Jika saya merasa mendingan, aku akan mengirimkan cek dalam seminggu."

Saya setuju dengan anggukan, meski dalam hati berkata, "Kami bukan pabrik yang  membiarkan Anda mencoba sampel produk kami di sini, Anda suka, bawa.. tidak suka......kembalikan. Ini bukan kebijakan kami."

Lalu dia mencari pembenaran untuk perbuatannya itu dengan mengatakan: "Untuk pengacara, konsultasi pertama gratis." Setelah itu, ia bagaikan hilang ditelan bumi.

Satu setengah tahun kemudian Jack kembali ke klinik saya karena menderita jenis diare yang kunjung sembuh tetapi tidak mengancam nyawa. Diare terkadang datang dan pergi, tetapi ketika menghantam dia tidak bisa ditahan bahkan untuk satu menit. Jack kembali ke klinik saya mengikuti pengobatan karena pengobatan barat tidak efektif . Namun demikian, sikapnya sama sekali berbeda dari kunjungan pertamanya, dan rasa tidak percaya dan berprasangka telah menghilang. Kali ini ia memiliki asuransi kesehatan, sehingga kunjungannya cukup sering. Dalam perjalanan pengobatan saya secara bertahap mulai memahami dengan lebih baik.

Suatu kali, saya bertanya mengapa dia begitu curiga. Ini adalah apa yang ia bercerita tentang pengalaman masa kecilnya:

"Ketika kakek saya berimigrasi ke Amerika Serikat, ia tidak memiliki apa pun kecuali sebuah bungkusan. Ia pergi dengan tak bawa bekal kecuali sedikit roti. Dia mengalami kesulitan sepanjang hidupnya. Sama seperti kakek saya, ayah saya juga menderita dari kesulitan dan penderitaan. Untuk alasan ini, harapan ayah bagi saya adalah untuk menghasilkan uang banyak, dan agar saya tidak bergantung pada atau percaya siapa pun. Ketika ia dan aku bermain sepak bola waktu saya masih kecil, ia sering sengaja menelikung saya untuk membuat saya jatuh. Pengalaman paling parah saya miliki ketika mengendarai sepeda saya adalah ketika saya ditabrak ayah saya dan jatuh di tanah. Ketika aku punya memanjat tangga, dan ia sengaja mendorong tangga ke bawah ke tanah. Ketika saya bertanya mengapa dia melakukan itu kepada saya jawabannya adalah, "Tujuan saya adalah untuk melatih kamu untuk tidak mempercayai siapa pun! ""Tapi, Ayah, adalah Ayah saya!" Ia malah menjawab, "Termasuk Ayah juga jangan kamu percaya!"

Saya menjadi kehabisan kata.

Hal ini mengingatkan saya pada penyakit, dan alasan mengapa ia terus menerus menderita sakit perut dan masalah usus yang tidak sembuh-sembuh. Hal ini diyakini dalam pengobatan Tiongkok bahwa penyebab diare adalah akumulasi energi stagnan. Fungsi limpa adalah untuk mencerna dan transportasi nutrisi, sehingga energi akumulasi akan membuat limpa lemah dan cacat. Selain itu, Jack telah hidup dalam keadaan gugup karena dia tidak bisa mempercayai siapa pun, dan telah mengalami keadaan emosi naik-turun (rendah ke tinggi). Jadi, diare jangka panjang terjadi

Untuk mengobati penyakit seperti ini, kita harus memperbaiki akar masalah. Bagaimana pengobatan Tiongkok dan akupunktur mengatasi masalah ini? Aku terus bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana saya bisa sampai ke akar masalah, untuk mengubah keadaan pikirannya?" "Apa metode pengobatan benar-benar efektif untuk dia?" Nampaknya saya harus sering berkomunikasi secara psikologis dengannya. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Meilinda Chen, Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA