KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 08 Juli 2011

JAJAN DENGAN KONDISI BUDGET YANG KETAT

Makan makanan menyehatkan cocok dalam anggaran siapapun. Yang diperlukan hanyalah perencanaan. Cobalah beberapa strategi berikut ini untuk mendapatkan makanan yang sehat dengan anggaran yang kecil.

Berkebun:

Jika anda memiliki lahan ekstra di sekeliling rumah anda ataupun di kebun anda, tanamlah beberapa jenis sayur sayuran, buah buahan ataupun rumput herbal. Tanyalah kepada ahli perkebunan di tempat anda, untuk masukan mengenai tanaman apa yang dapat tumbuh subur di daerah anda. Pilihlah setidaknya tiga paket benih, bibit atau tanaman.

Ketika Berbelanja:

* Ketika anda sedang lapar, anda dapat saja makan berlebihan – atau berbelanja berlebihan. Sebelum anda pergi berbelanja makanan, rencanakanlah apa yang akan anda beli dan ikuti daftar tersebut. Selain menghemat uang, juga akan mencegah anda makan terlalu berlebihan atau membeli barang barang yang kurang bergizi.

* Selalu merasa puas sebelum anda pergi berbelanja. Berbelanja dengan kondisi perut yang lapar dapat menyebabkan "lapar mata" – semua makanan terlihat enak, dan anda akan berakhir dengan membeli makanan yang tidak bergizi.

* Buatlah daftar produsen produsen unggulan. Pilihlah beragam jenis buah buahan dan sayur sayuran musiman yang segar, karena jenis tersebutlah yang paling berlimpah, paling bernutrisi dan juga harga terjangkau.

Ketika Bekerja atau Bermain:

* Meskipun memungkinkan untuk makan keluar dan juga makan makanan yang menyehatkan, lebih baik jika anda dapat mempersiapkan sendiri makanan sehat dengan harga yang terjangkau, dan juga dengan porsi yang tepat untuk makan siang anda di tempat kerja. Pilihlah setidaknya satu porsi sayuran dan buah-buahan di dalamnya.

* Berusaha mempunyai kompetisi yang sehat dengan rekan kerja. Makan yang berlebihan, seperti siapa yang dapat minum bir terbanyak atau makan roti terbanyak, tidaklah cocok untuk kesehatan maupun bagi kantong anda. Tidak ada apapun yang didapat dengan memenangkan kompetisi tersebut, selain beberapa kilogram tambahan berat bada

* Jangan terjebak dengan nafsu makan dan tanpa makanan ringan yang sehat ketika anda terjebak di lalu lintas yang macet, di dalam rapat, atau ketika bepergian jauh dari rumah. Bawalah selalu sekantong makanan ringan yang menyehatkan, seperti buah buahan, kacang kacangan rebus atau kacang kedelai.

Dalam Ruangan dan Luar Ruangan:

* Tahan nafsu anda dengan makanan cepat saji. Anda dapat memilih makanan cepat saji yang sehat dengan harga yang terjangkau. Banyak sekali rumah makan cepat saji yang menawarkan makanan yang bagus untuk kesehatan anda. Selalu periksalah jenis nutrisi dalam makanan tersebut atau tanyalah pada juru masaknya.

* Manuver dengan menu rumah makan. Putuskan bahwa anda tidak perlu selalu mengikuti menu utama di rumah makan tersebut. Tanyalah pertanyaan seperti "menu apa yang tidak terlalu banyak lemak" atau "sayur sayuran rebus menggantikan kentang goreng."

* Memiliki rencana jika anda menonton pertandingan kriket dengan teman teman anda. Mulailah dengan sayur sayuran tumis dengan saus untuk dimakan bersama sama berkelompok. Alih alih memilih dua tau tiga makanan gorengan, pilihlah hanya satu. Dan pesanlah satu botol air untuk setiap botol bir – dan ketika anda haus, minumlah air putih dulu sebelum minum bir.

Pilihan Utama:

Berikut ini adalah bahan bahan yang harus ada dalam daftar belanja anda, sehingga anda memiliki tubuh yang sehat selain juga menghematkan:

- Beragam jenis sayur sayuran dan buah buahan yang sedang musim
- Roti gandum
- Nasi merah
- Gandum menggantikan keripik jagung
- Telur
- Beragam jenis kacang kacangan

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman Tionghoa dalam blog ini. [Linda Lim, Denpasar, Tionghoanews]


Perhatian ! Anda mau terima artikel-artikel baru dari kami melalui email, bisa gabung saja disini http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA