KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 21 April 2011

ORANG YANG BERKASIH BESAR TANPA MUSUH

Meng Ke [juga dikenal sebagai "Mencius] yang hidup antara 372 -289 SM adalah penduduk asli Kerajaan Zou, saat ini kota Zou. Dia seorang pemikir besar kuno dan pendidik di Tiongkok dengan kutipan yang tak terlupakan , "Seorang pria harus lurus dan memiliki martabat; “ Mengatur dengan kebajikan "dan" Seseorang dengan kasih yang besar tidak memiliki musuh di dunia. "

Meng Ke pergi ke beberapa kerajaan untuk mengajar filsafat. Kerajaan Qi telah mengundangnya untuk mengunjungi sarjana kekaisaran. Raja Qi Xuanwang bertanya kepadanya sekali, " Raja Qihuan Gong dan Raja Jinwen Gong dua pengusa besar selama Era Musim Semi dan Gugur [722-481 SM]. Bisakah Anda tolong katakan padaku sesuatu tentang mereka? "

Meng Ke berkata, "Saya tidak nyaman berbicara tentang cerita kedua Raja. Jika Anda bersikeras, saya ingin berbicara tentang cara untuk menyatukan dunia dengan kebajikan. "

Raja Qi Xuanwang bertanya, "Bagaimana dunia akan disatukan oleh kebajikan?"
Meng Ke, "Jika semua yang Anda lakukan untuk kesejahteraan rakyat, saat Anda mencoba menyatukan dunia, tidak ada yang bisa menghentikan Anda"

Qing Xuanwang, "Dapatkah seseorang seperti saya membantu orang memiliki kehidupan yang baik?"
Meng Ke, "Ya, Anda bisa."
Qi Xuanwang, "Bagaimana Anda tahu saya bisa?"

Meng Ke berkata, " Saya mendengar cerita tentang Anda. Suatu hari, ketika Anda duduk di istana Anda melihat seseorang yang lewat, menuntun sapi yang gemetaran. Anda bertanya, “Kemana anda membawa sapi? "

'Untuk pengorbanan ibadah, "jawab orang itu.

“Seekor sapi liar! Saya tidak tahan melihatnya gemetar. Sapi tidak layak mati karena tidak melakukan sesuatu yang salah. " Lalu Anda berkata: "Kalau begitu, kita tidak akan mengorbankan sapi lagi, mari kita mengorbankan domba sebagai gantinya. "

“Apakah ini kisah nyata, Raja Qi?"

Qi Xuanwang, "Ya, itu benar." “Tapi malah mereka berpikir saya pelit.”

Meng Ke, "Hanya karena anda punya hati yang baik, Anda dapat menyatukan dunia. Ketika orang mendengar cerita itu mereka pikir anda pelit. Saya tahu itu tidak benar. Anda melakukan ini karena Anda tidak tahan melihat sapi dibantai."

Qi Xuanwang, "Ya, beberapa orang berpikir demikian. Walaupun kerajaan saya ini tidak besar, bagaimana saya bisa menjadi kikir bahwa saya akan menyimpan sapi karena alasan berhemat? Saya benar-benar tidak ingin melihat sapi dibunuh. "

Meng Ke berkata, "Tolong, jangan salahkan orang-orang berpikir seperti itu. Mereka hanya melihat Anda mengorbankan domba untuk menyelamatkan sapi, bagaimana bisa mereka melihat makna lebih dalam di balik tindakan Anda? Jika Anda benar-benar peduli yang tidak bersalah, lalu apa perbedaan antara sapi dan domba? "

Qi Xuanwang, "Anda benar. Bahkan saya tidak bisa menjelaskan hal ini. Tapi saya tidak melakukan itu karena alasan ekonomi. Orang juga memiliki alasan mereka untuk berpikir tentang hal itu. "

Meng Ke, "Itu tidak penting. Yang Mulia menolong sapi karena Anda orang yang baik, karena Anda melihat seekor sapi, bukan seekor domba. Bila Anda melihat sapi akan dikorbankan Anda tidak bisa menerimanya. Pada kenyataannya, domba juga harus dikasihani, seperti sapi. "

Meng Ke melanjutkan, "Tapi di hadapan rakyat, di mata Yang Mulia, hewan hidup lebih berharga dari rakyat, mengapa? Rasanya seperti Anda mampu mengangkat 3.000 kg, tapi tidak bisa mengangkat bulu, Anda dapat melihat ujung rambut, tetapi tidak melihat gerobak kayu. Rakyat Anda tidak bisa merasakan cinta dan kasih sayang anda. Tidak heran mereka berpikir Anda kikir. Yang Mulia tidak menyatukan dunia dengan kebajikan, bukan karena Anda tidak mampu, tetapi Anda tidak ingin melakukannya. "

Qi Xuanwang, "Apakah perbedaan antara tidak ingin dan tidak mampu? "

Meng Ke, "Jika Anda meminta seorang pria untuk lompat ke Laut Utara dengan mengangkat gunung Tai, dia akan berkata, 'Saya tidak bisa melakukan itu. " Dia memang tidak mampu. Jika Anda memintanya untuk mematahkan cabang pohon kecil, dia juga berkata, 'Saya tidak bisa melakukan itu”. Dalam hal ini dia tidak ingin melakukannya, bukan karena dia tidak mampu.

Untuk berbuat baik bagi orang-orang anda tidak seperti melompati Laut Utara dengan Gunung Tai, tetapi, itu seperti mematahkan cabang pohon. Leluhur bijak jauh melebihi yang lain, bukan karena mereka memiliki kemampuan khusus, tetapi karena mereka telah berusaha demi tujuan yang baik. "

Meng Ke melanjutkan, "Keinginan Anda terbesar adalah untuk menaklukkan dunia dan memerintah semua kerajaan. Anda tidak menempatkan kepentingan rakyat di atas segalanya. Tapi, jika Anda ingin memenuhi keinginan Anda untuk menguasai dunia dengan kekuatan militer, Anda tidak akan hanya gagal tetapi juga menimbulkan bencana. Silakan berpikir dengan hati-hati. Apakah Anda benar-benar ingin menyebarkan semua tentara Anda, risiko kehidupan prajurit dan jenderal Anda, bahkan rakyat Anda, membuat musuh dengan kerajaan lain dan menyebabkan bencana kepada rakyat, hanya untuk kebahagiaan Anda sendiri? "

Qi Xuanwang, "Tidak, kenapa saya merasa senang tentang semua masalah ini? Semua yang saya inginkan adalah untuk memenuhi keinginan saya yang terbesar. Saya tidak tahu hal ini resikonya buruk.
Sekarang, setelah Anda mengatakan, saya mengerti. "

Meng Ke, "Jika Yang Mulia merasa bahagia saat orang bahagia, maka orang akan mendukung Anda. Jika Yang Mulia mengkhawatirkan masalah orang, maka orang akan merasakan hal yang sama. Jika Yang Mulia bisa bahagia atau sedih dalam cara yang sama seperti dunia, maka tidak mungkin bagi Anda untuk tidak menguasai dunia dengan kebajikan. Orang-orang dari jauh akan tertarik ke kerajaan, orang-orang yang tinggal di sini akan hidup dalam damai dan makmur. Orang-orang di dunia akan cinta dan mendukung Anda. Apakah Anda tidak ingin memiliki kerajaan seperti ini?"

Qi Xuanwang sangat senang, "Saya suka pemikiran Anda dan akan mencobanya. Saya harap Anda dapat membantu saya untuk mencapai tujuan ini. "

Menggunakan belas kasih Qi Xuanwang ketika ia menyelamatkan sapi, Meng Ke mampu memberitahu raja tentang cara yang tepat untuk menguasai dunia dan akhirnya meyakinkannya. Qi Xuanwang melupakan rencananya untuk menaklukkan dunia dengan kekuatan militer dan memilih untuk memerintah dengan kebajikan. Sehingga, Kerajaan Qi menjadi tempat yang damai dan sejahtera. Orang-orang bersyukur atas pengajaran Meng Ke.

Meng Ke selalu sopan dan bermartabat dalam menasehati raja-raja dan bangsawan dalam menunjukkan prinsip-prinsipnya. Semua ini didasarkan pada kecintaaanya kepada orang, menghormati kehidupan dan keberanian besar. Ketika orang kembali ke diri mereka sejati, pikiran penuh kasih, mereka dapat membedakan yang benar dan yang salah, memilih jalan terang dan memahami nilai sejati kehidupan. [Chen Mei Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA