KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 09 Agustus 2012

TIGA PERTANYAAN MENJALIN KOMUNIKASI

Siapa yang membesarkan anak-anak kita dan mengajarkan mereka nilai-nilai moral dalam dunia yang serba cepat ini? Sebagai orangtua, kita sering menutup diri ketika mereka datang untuk berkomunikasi. Padahal waktu pengasuhan harus bersaing dengan kegiatan anak-anak - ekstrakurikuler, kursus komputer, ujian, pergaulan - yang cenderung berubah.

Saya menemukan sebuah aktivitas keluarga yang berguna. Aktivitas yang saya sebut dengan "Tiga Pertanyaan" ini telah memperkuat komunikasi antara saya dan anak saya.

Tepat sebelum anak saya pergi tidur, saya masuk kamarnya dan duduk di tepi tempat tidur dengan lampu dimatikan. Kami mulai bermain tiga pertanyaan. Saya bertanya, dan anak saya menjawab. Tentu saja kemudian terjadi dialog atau pertanyaan juga dari anak saya.

Saya harus kreatif dengan pertanyaan saya agar jawabannya tidak melulu "ya" atau "tidak". Saya juga sangat berhati-hati dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Saya pastikan untuk menanggapi pertanyaan itu dengan jujur dan benar. Kadang-kadang saya menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan lengkap, sehingga mereka mendapatkan jawaban lebih daripada yang mereka minta.

Wow, mata mereka terbuka lebar. Hubungan kami pun terlihat semakin baik setiap hari. Namun, sekarang saya disumpah untuk menjaga rahasia dari pertanyaan-pertanyaan mereka. Sebelum mengambil sumpah, anak saya bertanya, "Apakah Ibu pernah memberitahu ke siapa pun tentang pertanyaan yang kita ajukan satu sama lain?"

Tanggapan saya, "Anakku, saya menyimpan pertanyaan kita ini dan tidak akan mengkhianati kepercayaanmu. Saya hanya akan berbagi pertanyaan dan jawaban jika seijinmu, Nak."

Ia memeluk saya. Bahkan dalam kegelapan kamarnya, saya bisa melihatnya tersenyum. [Merissa Tjia / Surabaya]

***
HEMAT IMPORT KARGO !!!
Kami melayani import borongan FCL & LCL dari Guangzhou, China ketujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Kontak "transwaycargo.com" Telp: 021-2626 4750 Fax: 021-2626 4860 Hp: 0812-9855 8800, 0856-755 0123, 0819-0880 2000 Email: pttci@yahoo.co.id
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA