KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 07 Juli 2011

DOKTER SINGAPORE PAKAI ROBOT PANGKAS WAKTU OPERASI PASIEN

Sebuah tim peneliti di Singapura telah merancang sebuah tabung dengan lengan robot khusus yang memungkinkan dokter untuk melakukan operasi pada organ dalam pasien tanpa menimbulkan bekas luka.



Louis Phee, profesor di Nanyang Technological University yang memimpin tim peneliti, mengahabiskan enam tahun waktunya untuk mengembangkan perangkat tersebut.



Dibandingkan dengan metode tradisional yang hanya menggunakan satu tangan perangkat baru tersebut menggunakan gabungan dari berbagai perangkat, termasuk endoskopis yang memungkin dia bergerak lebih gesit untuk melakukan operasi yang kompleks.



Menurut dokter dari Indian Asian Institut of Gastroenterology itu, dengan robot baru sebuah operasi komplek yang bisa menghabiskan waktu delapan jam dipangkas menjadi hanya 17 menit saja.



Dengan penggunaan perangkat tersebut, pasien bisa pulang lebih cepat dibanding bila mereka menggunakan metode operasi tradisional. Karena pasien tidak perlu menyembuhkan bekas operasi tersebut.



Peralatan tersebut masih dalam percobaan, namun pengujian telah berkali-kali dilakukan pada tiga pasien di rumah sakit tersebut. Diharapkan perangkat tersebut akan menjalani test di China dan Jerman.



Phee memperkirakan perangkat operasi tersebut akan tersedia di pasar paling cepat tiga tahun mendatang, setelah menjalani uji klinis dan mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang.



Dia juga melihat potensi penggunaan perangkat tersebut pada organ-organ lainnya dengan membuat sebuah bukaan kecil diperut yang memungkinkan perangkat keluar masuk melalui lubang tersebut. [Vina Koh, Pangkal Pinang, Tionghoanews]





** Silahkan kirim artikel-artikel Anda juga ke alamat email: indonesia.chinese.ngepost@blogger.com dengan subject huruf kapital dan harus terlampir gambar **

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA