KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 09 Agustus 2011

BAGAIMANA MENCAPAI MANAJEMEN WAKTU EFEKTIF

Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama. Beberapa orang mampu mencapai banyak hal, sementara yang lain membuang-buang waktu mereka dan tidak mencapai apapun. Membuang-buang waktu menyebabkan stres. Proyek yang belum selesai bertumpuk dan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan jika tidak segera dilakukan. Anda dapat membuat kebiasaan dan rutinitas untuk mengembangkan manajemen waktu yang efektif. Misalnya, beberapa proyek di daftar yang harus dilakukan dapat dengan mudah dihilangkan, yang menimbulkan lebih banyak waktu. Sisihkan waktu setiap minggu untuk merencanakan proyek-proyek dan kegiatan.

1. Buat catatan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda selama seminggu penuh. Menganalisis kegiatan yang Anda lakukan dan memilahnya ke dalam kategori. Tentukan kegiatan yang penting, mana yang dapat dihilangkan dan kegiatan yang dapat didelegasikan.

2. Putuskan apakah Anda ingin menggunakan perencanaan di kertas atau perencana elektronik. Anda dapat memilih untuk menggunakan kombinasi dari perencanaan elektronik dan kertas untuk mengelola waktu Anda. Gunakan kertas jika Anda ingin menuliskan hal-hal. Gunakan ponsel pintar atau organizer elektronik jika Anda senang menggunakan perangkat elektronik.

3. Buatlah daftar dari semua tugas-tugas yang ingin Anda capai. Buat daftar yang harus dikerjakan harian dari daftar proyek besar. Mengembangkan kebiasaan untuk memeriksa utama daftar harian Anda dan kerjakan tiap tugas setiap hari. Hilangkan proyek yang tidak perlu dari daftar Anda. Delegasikan proyek-proyek untuk orang lain yang bisa melakukannya lebih cepat dan lebih murah.

4. Prioritaskan daftar harian Anda berdasarkan apa yang paling penting untuk diselesaikan. Mulailah dengan tugas tersulit pertama di pagi hari dan kerjakan sampai selesai. Mengatasi tugas yang tersulit berikutnya dan terus kerjakan daftar harian Anda selama Anda bisa.

5. Mengatur perangkat Anda sebelum Anda mulai. Bersihkan meja atau area kerja. Hanya proyek yang Anda kerjakan yang ada di meja atau di dalam wilayah kerja.

6. Jadwalkan proyek yang akan Anda kerjakan di dalam durasi waktu tanpa gangguan. Kelompokkan proyek-proyek serupa. Menelepon atau mengirim email dalam satu sesi yang dijadwalkan pada siang hari. Hindari menjawab telepon atau mengecek email selama sisa waktu kerja Anda.

7. Jadwalkan untuk bekerja pada proyek Anda selama siklus produktif Anda. Melakukan tugas-tugas berpikir ketika pikiran Anda tajam dan waspada. Rencanakan untuk melakukan tugas-tugas fisik saat tubuh Anda merasa energik.

8. Buat rutinitas untuk menyelesaikan tugas sehari-hari yang perlu untuk dilakukan. Tuliskan rutinitasnya. Rencanakan untuk melakukan rutinitas pada waktu yang sama setiap hari. Tandai jika sudah tercapai. Merevisi rutinitas jika perlu, untuk mengakomodasi perubahan pada kehidupan sehari-hari Anda. [Susi Ng, Balikpapan, Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA