KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 13 November 2011

TRADISI TIONGHOA DALAM MENGHORMATI ORANG TUA

Tradisi untuk menghormati atau mematuhi orang tua atau orang yg lebih tua memang sudah menjadi Ajaran atau Tradisi, terutama bagi orang Timur, khususnya bagi Keturunan Naga. Tentu saja ini terlepas dari Apakah semua orang tua atau yg lebih tua patut untuk dihormati?

Ajaran atau pandangan Cing Lao Cuen Shien bukan hanya perlu diketahui, akan tetapi seharusnya seolah sudah menjadi darah daging yang selalu terwujud didalam kehidupan kita sehari-hari, yang secara alami akan terpancar dari tindakan serta perilaku kita.

Hal ini harus kita mulai dari lingkungan kecil keluarga dulu, andai kata dengan saudara atau orang tua sendiri saja tidak bisa hormat atau patuh, pasti merupakan omong kosong jika dikatakan bisa menghormati orang lain yang lebih tua. Jangan pula nanti ada yang bertanya Apakah orang tua kita patut atau tidak patutuntuk dihormati?

Mungkin saja ada sebagian orang, sekarang ini kondisinya sudah menjadi lebih pinter dari orang tuanya, kondisinya sekarang sudah menjadi lebih bijaksana dari pada orang tuanya, atau bahkan jelas-jelas orang tuanya sedang bersalah terhadap dirinya, tapi itu semua tidak ada hubungannya dengan pengertian Cing Lao Cuen Shien yang sedang kita bicarakan. Coba kalau dulu waktu kita dilahirkan, langsung dimasukkan ke lubang WC, apa masih ada kita pada hari ini ? Tentu kadar hormat atau patuh terhadap orang tua sendiri berbeda dengan terhadap orang yang lebih tua lainnya.

Orang semakin tua tentunya juga akan menjadi semakin bijaksana, bila dia selalu punya keinginan untuk belajar dari pengalaman atau pengetahuan yang baru. [Siao Fung / Pematang Siantar / Sumut / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA