KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 13 November 2011

CARA PEMERINTAH CHINA MENGHORMATI ORANG TUA

Dalam adat Timur, merupakan sebuah kewajiban bagi setiap anak untuk merawat orang tuanya yang semakin renta. Hal itu bahkan telah dijelaskan dalam beberapa ajaran agama. Mengingat jasa mereka membesarkan dan menyekolahkan anak-anak mereka sejak kecil hingga dewasa.

Dalam menyikapi hal ini, pemerintah China sedang mempertimbangkan sebuah undang-udang baru yang memaksa penduduknya untuk mengunjungi orang tua mereka yang sudah renta.

Bahkan, dalam draft yang telah di buat, para orang tua tersebut memiliki hak untuk menuntut anak-anak mereka ke Pengadilan jika mereka diterlantarkan.

Jika undang-undang ini disetujui, setiap anak dapat dikenakan sanksi berupa denda atau bahkan hukuman penjara jika mereka melanggar peraturan pengadilan untuk menjaga orang tua mereka baik secara fisik maupun mental.

Dalam budaya tradisional China, merawat orang tua yang telah renta memang menjadi keharusan bagi setiap anak, namun tekanan pekerjaan serta terus tumbuhnya migrasi telah membuat tradisi ini semakin berkurang dan langka.

Wu Ming, seorang pejabat di kementrian urusan masyarakat sipil mengatakan bahwa perubahan ini merupakan amandemen UUD tahun 1996 tentang perlindungan hak dan kepentingan orang tua.

"Para orang tua yang telah renta dapat melakukan tindakan hukum menurut amandemen yang baru nanti jika anak-anak mereka yang telah dewasa dan mapan tidak mau mengunjungi atau menyisihkan waktu yang cukup bersama mereka." ungkat Wu.

"Dimasa lalu, kasus seperti itu mungkin selalu tidak diterima oleh pengadilan, tapi sekarang semuanya akan berbeda." tambah Wu.

Semoga kita Tionghoa Indonesia tanpa harus ada undang-undang tersebut, tetap menjunjung tinggi kasih sayang terhadap orang tua masing-masing. [Miao Miao / Beijing / China / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA