KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 08 Agustus 2012

AMIT-AMIT, COWOKKU MATRE

Putri, seorang perempuan muda berumur 26 tahun. Pacarnya, Adi, memiliki wajah yang lumayan ganteng dengan penampilan menarik.

Telah beberapa bulan mereka menjalin kasih dan makin hari Putri semakin cinta sama Adi. Tak heran hampir semua yang diinginkan Adi pun Putri turuti.dari meminjam kamera digital, minta dibelikan baju, sampai minjem duit ratusan hingga jutaan rupiah.

Lama-kelamaan Putri lelah dengan semua permintaan Adi. Putri mulai menyadari apa yang sebenarnya diinginkan Adi. Adi cuma suka uangnya  sekali tidak memiliki  sayang sama Putri.

Putri pun minta putus dan minta semua barang dan uang yang dipinjam Adi dikembalikan. Alhasil, Adi pun kabur lalu tak pernah lagi menampakkan diri meninggalkan Putri yang menyesali diri.

Nah,  jangan sampai deh kita memiliki pacar matre kayak Adi. Kenali dulu ciri-ciri cowok matre. Cowok matre sering terlihat royal di permulaan, tapi lama-kelamaan perhitungan.

Awalnya cowok matre sering memberi hadiah dan membawakan bunga, tapi intensitasnya semakin jarang hingga tak pernah sama sekali. Penampilannya pun trendi untuk memikat wanita.

Selain itu, ciri cowok matre yang akan makin jelas kelihatan saat mulai jalan bareng. Dia jadi royal untuk kesenangannya sendiri saja, tetapi pelit untuk kekasih dan orang lain.

Dia juga selalu beralasan pada saat akan membayar. Misalnya dengan mengatakan dompetnya ketinggalan, sedang tidak ada uang cash, dan lain-lain. Alasan yang digunakan hanya untuk membuat anda membayar semua tagihan.

Setelah memperhatikan ciri-ciri tersebut, anda tidak perlu langsung putus dengan dia. Sebenarnya masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat dia berubah.

Bila anda telah menyadari sikap matre pacar anda saat dia menghujani anda dengan hadiah, usahakan untuk tidak selalu menerima pemberiannya.

Bilang saja kalau anda tidak memerukan barang itu atau sudah punya di rumah. Usahakan untuk tidak memperlihatkan bahwa anda sedang banyak duit atau memiliki beragam gadget dan barang berharga lain. Tampil cantik tetapi sederhana lebih memberi manfaat untuk anda.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan saat jalan sama pacar dan baru menemukan sifat matrenya. Tinggalkan dia pada waktu membayar tagihan, misalnya tagihan makan di restoran.

Bila dia beralasan, cari alasan yang lebih masuk akal dan mendesak untuk meninggalkan dia, misalnya harus ke kamar mandi.Bawa uang pas di dalam dompet anda. Jadi, anda tetap tidak akan bisa membayar tagihan dan dia pun terpaksa akan membayarnya.

Anda pun harus tegas dalam bebrapa hal, misalnya saat menolak permintaanya untuk dibelikan barang, misalnya minta dibeliin baju atau diisiin pulsa.Anda pun harus tegas saat menolak meminjamkan barang.

Gunakan alasan yang kuat, misalnya kamera digital tersebut punya ayah atau mau dipake kakak. Jangan pula berlunak hati saat doi minta dipinjami uang. Bilang saja anda pun tidak punya uang lebih untuk dipinjamkan.

Bila anda terlanjur meminjamkan barang atau uang, anda juga harus tegas. Tanyakan kapan dia akan mengembalikan. Tagih setiap janji pengembalian pinjaman yang dilakukannya.

Bila perlu anda bisa mencatat hari, tanggal, dan waktu pengembalian yang dijanjikannya sebagai bukti. Anda juga bisa menjadi reminder via sms atau telepon untuk mengingatkan dia tentang janjinya membayar hutang dan mengembalikan barang yang diminta.

Sebenarnya ada bebrapa hal kooperatif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Diskusikan dengan pacar anda tentang siapa yang akan membayar untuk semua pengeluaran anda berdua.

Bila perlu, anda bisa menyusun rencana dan membuat perkiraan biaya. Anda berdua juga bisa patungan. Ceritakan perasaan tak nyaman anda tentang kebiasaannya meminta dibelikan ini dan itu, meminjam barang dan uang, serta kebiasaan lain yang menurut anda sangat merugikan anda.

Bila pacar anda adalah seorang yang kooperatif, dia akan menghargai usaha anda yang dilandasi kejujuran. Dia pun akan mulai memperbaiki diri dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan materialistisnya.

Namun, bila pacar anda justru memberikan respon negatif, misalnya dengan mendiamkan anda atau marah-marah, artinya sudah tidak mungkin mempertahankan hubungan dengan dia. [Vivi Tan / Jakarta]
 

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA