KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 22 Juni 2011

CUKUP BANYAK PEMINAT KERAMIK JING DE ZHEN

Keramik oriental rupanya masih menjadi magnet bagi para pecinta seni. Terbukti, bisnis keramik maupun pameran keramik selalu mendapatkan atensi yang baik dari pengunjung. Meskipun dari sisi bisnis mengalami pasang surut, namun keramik Tionghoa masih memiliki keunggulan dari sisi corak dan pengerjaan. Salah satu importir keramik yang cukup familiar adalah karya massal keramik Jing De Zhen.



Maklum, kawasan itu memang dikenal sebagai penghasil keramik paling besar di Tiongkok. Hampir seluruh penduduknya memiliki industri keramik. Kejayaannya terus langgeng. Pedagang keramik asal Jing De Zhen paling sering menggelar pameran. Seperti belum lama ini, digelar pameran keramik dengan beberapa item berasal dari seniman keramik asal Jing De Zhen. Menurut Naomi Wijaya (35) pengamat keramik, berbagai pameran keramik asal Tiongkok pernah digelar di Jakarta. Animo dari pengunjung pun cukup besar.



''Karena keramik asal China sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia,'' ungkapnya lagi. Dari pengamatannya, dia melihat keramik asal China terus mengalami perkembangan. Baik dari sisi desain maupun teknik pembuatannya. ''Tapi kalau untuk barang seni yang dipamerkan, umumnya seniman China masih tetap mempertahankan pola pengerjaan tradisional, supaya hasil seninya baik,'' tuturnya. Berbeda dengan produk keramik massal Jing De Zhen yang cenderung berwarna putih mengkilap, kreasi seniman bisa beraneka warna.



''Tapi setahu saya, ratarata menggunakan warna dasar lempung berwarna kecoklatan,'' tutupnya. Hal senada juga diungkapkan Rusdi Tjahyadi selaku kolektor dan kurator keramik. Menurutnya, keramik dari Tiongkok yang paling bagus kualitasnya adalah yang berasal dari Jing De Zhen, Tiongkok. ''Di kota itulah, hampir seluruh masyarakatnya bekerja sebagai seniman keramik. Pengerjaannya pun sudah melalui teknik yang cukup modern. Jadi memang sudah masuk dalam industri yang mendunia dan diekspor ke berbagai negara, termasuk Indonesia,'' paparnya panjang lebar. [Antony Ong, Tangerang, Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA