KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 08 Juli 2011

RUMAH BERSEJARAH MILIK PENGUSAHA TIONGHOA

Rumah bersejarah milik pengusaha Tionghoa, Djiaw Kie Siong, yang pernah disinggahi Proklamator Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu direncanakan akan dijual oleh ahli waris Djiauw Kie Song, penduduk Rengasdengklok.

Pengusaha keturunan Tionghoa yang rumahnya berada di bantaran Sungai Citarum tersebut, waktu itu bersedia rumahnya dijadikan tempat pertemuan dan menginap rombongan Soekarno dan Hatta.
Banyak nilai sejarah yang terekam di rumah singgah dua Bapak Bangsa itu. Di rumah itu, satu hari menjelang proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta yang diculik para pemuda Indonesia diminta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Selain itu, di rumah itu pula pertama kali Sang Saka Merah Putih pertama dijahit oleh Fatmawati.

Di kunjungi:

Belum lama ini, Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana, meninjau proyek pembangunan Monumen Proklamasi Kemerdekaan RI di Rengasdengklok, Karawang yang sedang dalam tahap penyelesaian, sekaligus meninjau rumah bersejarah milik Siaw Dji Kisong, yang berada tidak jauh dari lokasi tugu Proklamasi Kemerdekaan.

Cellica, saat itu berbincang-bincang dengan cucu dari Jiaw Ki Song. Dia memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada keluarga Jiaw Ki Song yang ada sekarang ini, telah menjaga kenangan sejarah tersebut.

"Tugu Proklamasi Rengasdengklok dan rumah sejarah ini, menjadi saksi bahwa Karawang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Kemerdekaan indonesia. "Merdeka," ucap Cellika. [Sunny Lin, Pekanbaru, Tionghoanews]

Perhatian ! Anda mau terima artikel-artikel baru dari kami melalui email, bisa gabung saja disini http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA