KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 12 November 2011

EKSPORTIR GRANIT XIAMEN ANCAM PENGUSAHA LOKAL

Pemberlakuan ASEAN China Free Trade Agreement (ACFTA) mem buka peluang pengusaha Tiongkok menguasai pasar dalam negeri. Pengusaha granit asal Xiamen- kota di provinsi Fujian- misalnya, tengah gencar mempromosikan produknya di Indonesia. Salah satu caranya dengan mengikuti pameran di Jakarta.

"Sejauh ini sudah banyak pemesanan datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kami ingin memperluas pasar," kata Tracy Liu dari Tongho Stone, Xiamen di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pekan lalu. Menurut dia, granit dari Xiamen sudah terkenal kualitasnya seantero dunia. Ukiran khas oriental menjadi daya tarik utama.

"Paling banyak dipesan, granit yang diukir untuk taman oriental. Seperti ukiran kilin, naga, dan ukiran lain untuk bangku taman," terangnya. Selain untuk mempercantik taman, lanjut Tracy, granit asal Xiamen kerap dipakai untuk menghiasi pemakaman.

Dia mengaku sudah menjalin kerjasama dengan be berapa rumah duka di tanah air dalam pengadaan batu nisan atau bong pai. "Biasanya untuk pemesanan dengan tingkat kesulitan tinggi, paling lama sekitar sebulan. Tetapi untuk ukiran yang simple bisa hanya 2-3 minggu. Tetapi sangat tergantung dengan jumlah pesanan. Semakin banyak, tentu semakin lama," ujarnya yang optimis men dapatkan lebih banyak partner bisnis di Indonesia pasca mengikuti pameran produk Xiamen di Jakarta.

Daniel Liju wardi menjadi salah satu pengusaha properti yang tertarik bekerjasama dengan Tionghoa. Saat ini, pria berkulit putih itu tengah mengerjakan proyek villa bergaya oriental di kawasan Puncak, Jawa Barat.

"Kalau memang saling menguntungkan, bisa saja ada kerjasama dengan mereka. Saya ingin proyek saya ini orisinil dari sisi bangunan dan ukiran. Ya, yang paling pas memang menggunakan batu-batuan dari Xiamen. Granit dari sa na sudah sangat terkenal. Granitnya berkualitas, sangat kuat. Selain itu, ukirannya sangat halus dan detil. Ukirannya dibuat dengan paduan mesin dan pahatan tangan," ungkapnya. [Cycillia Lim / Denpasar / Bali / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA