KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 11 Juni 2012

MENULIS MEMBERI MAKNA PENGALAMAN HARIAN

Kegiatan menulis dapat menjadi  suatu disiplin rohani yang sejati. Dengan menulis, kita dibantu untuk memusatkan perhatian, bersentuhan dengan gejolak hati, menjernihkan budi, menata perasaan yang simpang-siur, merenungkan pengalaman kita, mengungkapkan penghayatan hidup dengan kemampuan seni, dan menyimpan peristiwa-peristiwa yang penting dalam ingatan kita. Menulis juga dapat berguna bagi orang lain, yang mungkin membaca tulisan kita.

Sering kali pengalaman harian yang sulit, menyusahkan, dan mengecewakan dapat "diselamatkan" – artinya diberi makna – dengan menuliskan pengalaman itu. Dengan menulis, kita dapat mengendapkan pengalaman hidup kita dan dengan demikian menempatkannya dalam peziarahan hidup kita.

Menulis tidak hanya berarti mencatat pikiran-pikiran yang muncul. Sering kali kita berkata, "Saya tidak tahu harus menulis apa. Pikiran-pikiran saya tidak terlalu berharga untuk dituliskan." Tetapi tidak jarang tulisan yang baik muncul dari proses menulis itu sendiri.

Kalau kita mulai duduk, dengan selembar kertas di atas meja dan alat tulis di tangan - atau komputer di depan kita, dan kita mulai mengungkapkan isi pikiran dan hati kita dalam kata-kata, sering kali pikiran-pikiran baru muncul. Tidak jarang pikiran-pikiran baru itu mengejutkan diri kita sendiri dan menuntun kita masuk ke dalam ruangan batin kita, yang tidak kita sadari sebelumnya.

Salah satu hal yang dapat amat memberikan kepuasan dalam tulis-menulis adalah bahwa kegiatan ini dapat membuka suatu sumber yang menyimpan "harta-karun" yang amat berguna bagi diri kita dan orang lain juga.

Demikianlah kegiatan menulis dapat "menyelamatkan" hidup kita, dan tidak jarang "menyelamatkan" orang lain juga. [Veronica Lim / Bogor]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA