KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 20 Juli 2012

JODOH ADA DI TANGAN ANDA

Tahun 2012. Saya akan sangat keheranan jika di tahun setua ini masih saja ada orang yang tidak pernah mendengar istilah "Internet." Perkara dapat mengaksesnya atau tidak, itu urusan lain. Sejak mengenal Internet, saya jarang menanyakan jika ada seorang kawan mengetahui sesuatu yang saya tidak tahu. Bisa jadi, ia menggunakan Internet lebih sering ketimbang saya, sehingga ia tahu lebih banyak hal. Mungkin tidak semua hal dapat ditemukan di Internet, tetapi banyaknya hal yang dapat ditemukan di Internet adalah hal yang sangat sulit dihitung, banyak sekali. Salah satunya, jodoh.

Setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan. Banyak orang meyakini frasa klise itu. Saya tak membenarkan, juga tak menyangkalnya. Hanya saja, jodoh yang dipercaya sebagai urusan Tuhan tidak serta-merta muncul saat kita bangun tidur di pagi hari. Tidak juga datang tiba-tiba di hadapan kita saat sedang berjalan sendirian di malam hari. Itu hanya terjadi dalam film! Saya meyakini jodoh sebagai hal yang diusahakan, bukan keajaiban dengan mantra "bim-salabim-aba-kadabra".

Mencari pasangan di Internet bukan lagi hal yang aneh. Jangankan mencari pasangan, mengirim undangan pernikahan pun dapat dilakukan via Internet, e-invitation. Meski banyak yang meragukan pencarian jodoh melalui Internet karena maraknya penipuan dalam dunia maya, tak sedikit pasangan yang berhasil karenanya. Ini bukan perkara dari mana Anda mendapatkan pasangan, tetapi bagaimana Anda mengusahakannya dengan baik.

* Selera

Jika Anda memang berniat mencari jodoh di Internet, hindari media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Google+. Anda memang bisa bertemu dengan siapa saja di media sosial, tetapi tingkat keamanannya cenderung meragukan. Bergabunglah dengan situs-situs yang memang dibuat khusus sebagai ajang perjodohan. Berbagai situs tersebut terbilang jauh lebih aman karena termoderasi dan lebih bersifat privat.

Dalam situs-situs itu, Anda dapat mencari pasangan sesuai dengan yang Anda inginkan. Mulai dari usia, jenjang pendidikan, hobi, hingga warna kulit. Cukup ketikkan tipe-tipe yang Anda kehendaki, maka mesin pencarian situs akan menampilkan sosok-sosok yang sesuai.

Setelah menemukan pilihan, maka tahap selanjutnya yang lumrah terjadi ialah saling mendekatkan diri satu sama lain, baik dengan chatting atau bertukar nomor telepon sebelum memutuskan untuk bertemu. Saat "kopi darat", istilah pertemuan orang-orang yang berkenalan di Internet, biasanya adalah saat yang paling menentukan adanya pertemuan kedua atau disudahi saja karena tidak sesuai selera. Ya, Internet memang memudahkan segalanya. Cukup gerakkan mouse dengan tangan Anda, lalu klik. Voila! Jodoh kini ada di tangan Anda.

* Waspada

Kemudahan-kemudahan yang didapat dari Internet bukan berarti tanpa risiko. Suatu kali, saya membaca berita di situs milik BBC. Seorang duda bernama Philip Hunt mengenal seorang wanita yang mengaku bernama Rose dan berasal dari Nigeria pada Desember 2008. Mereka melanjutkan komunikasi melaui e-mail dan layanan pesan singkat (SMS) yang lebih intim. Keduanya pun mulai saling menceritakan kehidupan masing-masing sampai suatu hari Rose mengaku mengidap malaria.

Rose meminta bantuan uang untuk pengobatan yang sekonyong-konyong dituruti oleh Hunt. Pria ini rela berutang sana-sini demi membantu wanita pujaannya yang belum pernah ia temui. Ternyata, Rose dan penyakitnya hanyalah tokoh fiktif. Hunt, yang tertipu hingga 82.000 pounds (lebih dari satu miliar rupiah), mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri. Ironi.

Untuk menghindari penipuan, sebaiknya jangan percaya begitu saja kepada orang yang dikenal melalui internet sebelum bertemu muka dan benar-benar mengenalinya. Tidak sedikit orang yang menampilkan info diri palsu di internet. Waspadalah! [Merissa Tjia / Surabaya]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA