KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 08 Juli 2011

OTAK BISA MENGHAPUS INGATAN BURUK !!!

Beberapa ingatan buruk atau memalukan yang pernah terjadi dalam hidup kita ternyata bisa dihilangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Lund di Swedia, memori selektif benar-benar ada. Hal itu membuat Anda dapat melatih pikiran untuk menghapus saat-saat memalukan dari pikiran.



Para ilmuwan menggunakan scan EEG untuk memantau bagian-bagian otak yang menjadi aktif ketika relawan mencoba untuk melupakan sesuatu. Bahkan, saat Anda tidak ingin mengingat kenangan buruk yang memalukan sehingga membuat memori tersebut untuk ditekan agar tidak terpikirkan. Hal itu akan menyebabkan pikiran Anda menghapus kenangan tersebut.



Teknik itu berguna bagi orang yang menderita depresi atau gangguan stress pascatrauma, di mana terus tinggal pada kenangan traumatis meresahkan atau memiliki efek buruk pada kesehatan mental. Dalam penelitian, beberapa orang relawan dilatih untuk melupakan informasi netral dalam lingkungan yang dikendalikan laboratorium. Pelatihan itu dilakukan untuk melupakan peristiwa traumatis terjadi lebih kompleks di dalam hidup.



"Kita tahu bahwa lupa atau perasaan tertekan sering menampakkan diri sebagai reaksi fisiologis. Menekan kenangan buruk agar tidak terpikirkan dengan waktu yang lama dapat menyebabkan kita melupakannya sepenuhnya," ungkap Gerd Waldhauser, salah seorang peneliti.



Melalui pengukuran EEG, penelitian itu juga berhasil menangkap saat yang tepat ketika memori terhambat, yaitu sering lupa. Penghambatan memori yang terjadi selama beberapa jam, akan membuat kita lupa mengingat sesuatu. [Vina Koh, Pangkal Pinang, Tionghoanews]



Perhatian ! Anda mau terima artikel-artikel baru dari kami melalui email, bisa gabung saja disini http://asia.groups.yahoo.com/group/tionghoanews

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA