KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 09 September 2011

CARA MENYIKAPI PENOLAKAN

Penolakan bisa jadi sulit untuk diterima. Saya sering menghadapinya dalam hidup saya. Ada berkali-kali ketika saya menjangkau orang lain untuk mencoba peluang kerja sama, hanya akhirnya ditolak. Bahkan dalam kehidupan pribadi saya.

Anggota keluarga saya adalah individu-individu pribadi - mereka tidak suka bicara tentang diri mereka sendiri. Beberapa teman saya mungkin terkadang tidak ingin bersosialisasi - Seringkali saya menghubungi mereka untuk mengatur pertemuan bagi kami, hanya untuk menerima tanggapan hangat. Penolakan mereka datang dalam bentuk upaya tidak membalas.

Tak perlu dikatakan, penolakan bisa sangat mengecewakan, terutama ketika Anda menaruh harapan Anda pada hasil yang positif. Tak seorang pun suka mendengar kata "Tidak" ketika jauh lebih baik untuk mendengar "Ya."

Penolakan adalah bagian dari pengembangan - dalam semua aspek kehidupan kita. Setelah beberapa tahun terakhir mencurahkan usaha pada pertumbuhan pribadi, saya telah belajar bahwa tidak mungkin untuk menghindari penolakan jika kita sungguh ingin berkembang dalam arti positif. Penolakan membantu kita untuk mengungkap kelemahan, belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri, dan akhirnya tumbuh sebagai manusia.

Satu-satunya cara untuk menghindari penolakan adalah dengan membingkai diri  Anda erat-erat di zona kenyamanan Anda, yang dalam hal ini Anda gagal untuk melalui.

Ini bukanlah bagaimana kita ingin hidup kita jadinya – yang kita mampu perbuat jauh lebih banyak.

Ada cara untuk menyikapi penolakan dan penanganannya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Hal-hal di bawah ini cukup bermanfaat bagi saya sejauh ini:

Jangan masukkan ke hati. Ketika Anda mendekati seseorang, bukalah diri, yang memang selalu berisiko; sehingga mendapatkan penolakan secara alami membuat Anda merasa seperti mereka menolak Anda. Itulah sebabnya banyak orang cenderung merasa kecewa saat mengalami penolakan. Ketika penolakan terjadi, kita merasa sakit hati, bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang salah dengan saya - seandainya saya bisa melakukan sesuatu untuk membalik situasi. Hal ini menyebabkan keraguan diri. Namun sikap ini jusru semakin melemahkan diri sendiri. Dalam hal ini, lihatlah skenario ini sebagai penolakan terhadap permintaan Anda, bukan terhadap Anda pribadi!

Kenalilah bahwa kebanyakan penolakan itu bukan ditujukan untuk pribadi. Penolakan biasanya lebih banyak merefleksikan tentang orang lain dan bagaimana permintaan itu tidak memenuhi kebutuhan mereka, bukannya tentang Anda. Dengan tidak memandangnya berat, Anda akan menyadari banyak tanggapan emosional Anda dengan penolakan ini adalah tidak perlu.

Hal ini menantang saya untuk menetapkan patokan tinggi terhadap apa yang saya lakukan. Karena saya mengharapkan penolakan, patokan tersebut memaksa saya untuk mendorong batas-batas dan memprioritaskan kemampuan terbaik saya saya ke depan, sehingga meningkatkan kesempatan saya untuk mendapat jawaban "Ya". Bahkan jika penolakan tidak muncul, hal itu membantu saya untuk menangani segala sesuatunya lebih baik, karena saya sudah siap menghadapinya. Lakukan yang terbaik, sambil menyiapkan diri untuk menghadapi yang terburuk. Pastikan Anda tidak menunda-nunda. Penolakan adalah alat yang ampuh untuk menjadi lebih baik.

Kehidupan terjadi di antara fokus eksternal, yang mengacu pada apa pun di luar lingkup pengaruh kita, seperti lingkungan kita, kolega, masyarakat dan "dunia luar sana." Fokus internal mengacu pada apa yang berada dalam lingkup pengaruh kita - pikiran, perasaan, tindakan, dan perilaku kita. Kita tidak dapat berbuat banyak pada fokus eksternal, tapi kita bisa "memindahkan gunung" dengan pola pikir yang benar!

Seseorang dengan fokus kontrol eksternal melihat dunia sebagai pengendali utama dunianya - Dia merasa bahwa dirinya tidak memiliki andil dalam hidupnya, dan setiap orang memiliki kekuasaan atas dirinya. Di sisi lain, seseorang dengan fokus kontrol internal yang tinggi melihat bahwa dia adalah penentu tunggal realitasnya. Dia mengakui dirinya memiliki kekuatan untuk melakukan apa yang diinginkannya.

Kebanyakan orang akan mengadopsi fokus kontrol eksternal yang tinggi dalam menyikapi penolakan. Mereka kehilangan rasa percaya diri dan melihat diri mereka sebagai korban, tidak mampu, buruk, atau bahkan tidak berharga. Pikiran demikian hanya semakin membuat Anda terperosok, yang sama sekali tidak ada tujuan lain selain makin membuat Anda merasa gagal. Tidak hanya itu, Anda juga melepaskan kekuasaan kepada orang lain. Itu tidak baik sama sekali, dan Anda pasti tidak menginginkannya!

Cara terbaik untuk menyikapi penolakan adalah dengan mempertahankan fokus kendali kita. Penentang akan selalu ada - kuncinya adalah belajar untuk mengatasi calon penolak dan tidak membiarkan mereka "mengalahkan" Anda. Fokus pada hal-hal yang dapat kita tindak-lanjuti: Apa yang bisa kita lakukan terhadap situasi ini? Apa yang telah kita pelajari? Bagaimana kita akan mengaplikasikan apa yang kita pelajari? Apa langkah kita berikutnya? Semakin kita fokus pada tindakan yang dapat kita ambil, semakin kita memberdayakan diri kita sendiri. Selalu ada alasan di balik masing-masing penolakan. Terkadang mungkin merupakan ide yang loyo, ketidakcocokan kebutuhan, presentasi yang buruk, pendekatan yang buruk, ketidakcocokan nilai, atau kesalahpahaman.

Jika Anda dapat memahami alasan di balik penolakan, Anda dapat melakukan hal-hal berbeda di masa depan. Ini akan sangat membantu dalam pengembangan Anda.

Sebuah cara yang kurang langsung adalah untuk menganalisa secara obyektif situasi dan masalah apa yang salah. Mengapa orang menolak permintaan Anda? Apa yang orang cari? Apakah permintaan tidak memenuhi kebutuhannya? Apakah yang dapat saya lakukan lebih baik? Dengan cara bertanya pada diri sendiri, saya dapat mengungkap banyak rahasia poin pembelajaran yang tidak saya ketahui sebelumnya. Penolakan adalah perbaikan, bukan kemunduran!

Saya menyadari semua ketakutan tentang penolakan hanyalah mental, dan penolakan sebenarnya adalah langkah maju untuk mengetahui apa yang orang inginkan, apa realitas di luar sana, dan bagaimana untuk memperbaiki diri kita demi mencapai tujuan kita.

Semakin banyak seseorang mendapat penolakan, itu lebih baik - karena dengan demikian kita punya pemahaman yang luas mengenai celah kekurangan kita dan apa yang orang cari sehingga tidak ada apapun yang dapat menjatuhkan kita lagi. Penolakan akan menjadi sahabat dan mitra terbaik kita dalam pengembangan. Belajarlah untuk menyikapi penolakan, itu akan menjadi alat vital bagi pertumbuhan dan kesuksesan kita. [Diana Chuang, Kendari, Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA