KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 13 Desember 2011

PERJUANGAN PETANI MISKIN MEMBESARKAN ANAKNYA (1)

Seorang ayah miskin yang tulus ingin merawat putrinya sampai dia mencapai 18-tahun sebelum ia meninggal. Sekarang tubuh saya semakin lemah hari demi hari, saya tidak punya masalah dengan itu, saya hanya berharap bahwa ibu saya yang jiwanya istirahat, dapat memberkati saya dan memungkinkan saya untuk merawat anak saya sampai dia berusia 18 tahun. Jika saya bisa membesarkannya sampai dia 18, aku akan bisa mati puas.

Ketika saatnya tiba aku akan menariknya lebih dekat dan berkata kepadanya : "Putri, ayah telah melakukan dan membawa Anda sampai dewasa, sekarang ayah bisa mati dengan tenang..."

Pada sore hari, Zongyao, sibuk bekerja di lapangan dan didampingi oleh putrinya Yufeng yang mengikutinya bersama sambil mengatakan : "Putri, kau sudah melakukan pekerjaan rumah yang guru berikan pada Anda minggu ini ? Dengarkan ayah dan pulang untuk melakukannya, oke? Lihat sana, jagung orang lain telah tumbuh begitu tinggi, karena saya tidak punya uang untuk membeli benih jagung, jagung kita sekarang mulai tumbuh. Tunggu sampai ayah telah menabur benih lagi dan akan pulang membuat sesuatu untuk makan Anda, kemudian mengarahkan Anda ke sekolah. Jalankan sekarang di rumah, jangan membuang waktu! "

"Tidak, aku ingin membantu Ayah untuk menabur benih, setelah itu baru saya akan pulang. Jika saya tidak membantu Ayah hari ini, ketika saya pergi ke sekolah besok tidak ada lagi yang akan dapat membantu Anda. Ayah, minggu ini guru berkata pada kami, saya harus membayar uang yang kita berutang dari imunisasi terakhir yang saya punya. Mari kita cepat menabur jagung dan pulang bersama-sama, sementara aku melakukan pekerjaan rumah, Ayah bisa membuat sesuatu untuk dimakan. Setelah kita selesai makan, Ayah dapat mengirim saya ke sekolah, "jawabnya pada ayahnya yang masih sibuk mengolah tanah.

"Kau seperti anak keras kepala! Kau begitu muda, namun Anda mengatur hal-hal yang lebih baik dari saya Aiya, putri, tidak menyingkirkan saya karena saya sudah tua dan. Tidak memiliki kemampuan. Saya, dengan segenap hati saya, ingin membiarkan Anda belajar di sekolah tanpa ada kekhawatiran, tapi aku tidak bisa. Putri, Anda hanya menyebutkan bahwa sekolah menginginkan Kuai 34 untuk imunisasi terakhir Anda, saya akan pulang dalam satu menit dan meminta tetangga jika aku bisa meminjamnya. Jika aku tidak bisa, dapat Anda minta sekolah jika saya bisa memberikannya kepada mereka dalam beberapa hari? "Tanya Zongyao dengan suara kecil, sibuk bekerja di lapangan semua sementara.

Mendengar nada konsultatif ayahnya, Zong Yufeng terganggu, tetapi diam. Dalam setengah jam, setelah selesai menabur jagung dan dalam perjalanan pulang, Zong Yufeng mengatakan dengan sedikit marah : "Ayah, guru sudah mengatakan kepada kami untuk membawa uang yang terutang dari imunisasi terakhir saya minggu ini, guru mengatakan bahwa 30 Kuai adalah uang yang sudah mereka bayar atas nama kami. Ayah, aku bilang Jumat lalu ketika aku sampai di rumah, mengapa Ayah menunggu sampai sekarang baru memberitahu saya bahwa Ayah belum meminjam uang itu? Apa yang akan saya lakukan ketika guru meminta uang pada saya hari ini? "

Melihat putrinya berjalan di depan, dia menghiburnya dan diam-diam mengatakan : "Putri, ayah tidak mencoba untuk menipu guru ? Jika ayah punya uang, saya pasti akan menyerahkannya. Jika kita tidak bisa meminjam, ayah akan pergi bersama Anda ke sekolah untuk memberitahu guru dan meminta guru untuk memberikan ayah tempo beberapa hari lagi. Putriku, Anda akan menjadi seorang gadis yang baik dan pergi ke sekolah dan belajar cara membaca, Ayah hanya menunggu sampai Anda tumbuh dan belajar tentang dunia, ayah akan merawatmu. "

Setelah tiba di rumah, Long Zongyao sibuk pergi ke sebuah ruangan, mencari tas sekolah putrinya dan bergegas membawanya bersama sambil mengatakan : "Putriku, kerjakanlah pekerjaan rumah yang belum dikerjakan, malam ini kau harus mengubahnya ke guru. Jangan khawatir tentang tidak memiliki uang untuk membayar uang sekolah, karena selama saya memiliki napas dalam tubuh saya, Anda tidak akan merasa lapar, dan Anda akan dapat pergi ke sekolah. Dengarkan ayah, bergegas dan menulis mengerjakan PR, aku akan pergi dan menemukan seseorang untuk meminjamkan uang hanya dalam satu menit. "


⁠⁠

Melihat putrinya, setengah duduk, setengah berjongkok saat menulis, Zongyao Panjang bersiap-siap meninggalkan rumah untuk meminjam uang dari tetangganya, dia tidak bisa membantu tetapi memberikan peringatan kepadanya : "Jadilah anak yang baik dan terus menulis, Anda dengar ? Lihatlah ayah miskin, aku bahkan tidak bisa menulis nama saya dengan benar. Jika ayah bisa membaca dan menulis, aku bisa pergi dan mendapatkan pekerjaan yang layak dan menghasilkan uang bagi Anda untuk pergi ke sekolah. Dengarkan ayah, di sekolah Anda harus melakukan apa yang guru katakan, belajar dari guru, sehingga ketika Anda dewasa nanti Anda dapat mendukung ayah. "

Dua puluh menit kemudian, setelah pergi keluar untuk meminjam uang, Zongyao panjang kembali melihat bahwa putrinya sudah menyelesaikan PR-nya, dan menyuruhnya datang ke dapur untuk membantu dia menyalakan api dan membuat makanan : "Putriku, semua orang masih bekerja di luar sehingga saya tidak bisa menemukan orang untuk meminjamkan kita uang, aku akan pergi ke rumah mereka lagi nanti untuk melihat apakah mereka sudah kembali. Malam ini kita hanya akan memanaskan apa yang tersisa dari makanan siang. Dalam hal apapun Anda akan memiliki makanan yang tepat di sekolah besok. "

Setelah memanaskan sisa makanan, putri Panjang Yufeng hanya memakannya beberapa suap. Panjang Zongyao, melayani dirinya porsi, mendesah : "Ayah benar-benar merasa buruk, ayah benar-benar ingin memberikan sesuatu yang tepat untuk dimakan, tapi kita memiliki masalah bahkan untuk membeli beras, jadi bagaimana mungkin aku bisa membuat sesuatu makanan yang lezat untuk Anda? Putri, ini adalah nasib malang Anda, berlari ke ayah Anda yang tidak berguna. "

Setelah makan, Zongyao mendesah : "Saya berpikir bahwa mereka hanya datang kembali setelah malam tiba, saya pikir saya harus membawa Anda ke sekolah dulu dan besok aku akan meminjam uang dan kemudian membawanya ke sekolah sendiri. jadi akan terlalu gelap untuk pergi keluar. "Mendengar ayahnya mengatakan ini., air mata Long Yufeng mengalir dan dia menutupi wajahnya.

Melihat putrinya Long Yufeng menangis, Long Zongyao tidak menghiburnya, tetapi mengeluarkan buku baru dari tas sekolahnya. Membalik melalui itu, ia berteriak marah : "Keluarga kita selalu miskin, aku tidak bisa mengerti mengapa guru terus membuat kita membeli buku-buku baru? Ketika tahun ajaran dimulai guru mengatakan bahwa semua biaya untuk buku sekolah telah dibayar sudah, mengapa mereka terus meminta kita untuk membeli yang baru? Aku tidak bisa membaca, tetapi jika saya bisa baca saya akan membaca buku-buku baru dengan hati-hati, sehingga saya bisa mencari tahu apa yang mereka lakukan di bumi yang sangat membantu untuk gadis kecil belajar mengenali karakter! "

"Jangan menangis, ada seorang gadis yang baik. Ayah tahu bahwa Anda tidak dapat membawanya pada guru, itu semua salah ayah, tetapi kenyataannya adalah bahwa ayah tidak bisa meminjam uang malam ini, dengarkan ayah sekarang dan jangan menangis, oke? Ketika gadis kecil menangis mereka tidak cantik. Bersihkan mata Anda dan papa akan membawa Anda ke sekolah, oke ". Panjang Zongyao juga mengeluarkan beberapa air mata, tapi melihat putrinya menangis, ia hanya bisa meletakkan buku di tasnya dan membujuk putrinya yang menangis.

Zongyao terus seperti ini untuk sementara waktu, sampai akhirnya ia berhasil memujuk putrinya Yufeng setuju untuk pergi ke sekolah. Dia mengambil cangkul nya lagi untuk membawa keranjang sambil berjalan, diam-diam dia menghibur putrinya yang menangis tersedu-sedu. "Putri, jangan menangis, apakah anda tidak merasa malu membiarkan teman-teman Anda melihat Anda menangis? Setelah saya mengirim Anda ke sekolah, aku akan kembali dan melakukan pencangkulan lagi dan memberitahu semua orang tentang uang pinjaman. Ayah hanya perlu meminjam uang, maka kita bisa memberikannya kepada guru. Dengarkan ayah dan berhenti menangis, oke? "

Setelah mengirim putrinya ke sekolah, Long Zongyao kembali ke lapangan untuk melanjutkan mencangkul sampai larut malam, ketika ia pulang ke rumah. Kemudian, ia mengambil pakaian putrinya dan mempersiapkan untuk mencucinya. "Sekarang saya pikir, mungkin aku seharusnya dulu tidak mengambil putri saya Yufeng dari sisi jalan. Ketika ibunya masih hidup dia bisa membantu saya mengurus Yufeng. Dia meninggal hanya sebulan lalu dan sekarang aku sangat sakit sehingga saya tidak punya banyak kekuatan untuk bekerja. Aku benar-benar khawatir bahwa saya tidak memiliki kemampuan untuk merawat gadis malang ini sampai ia mencapai usia dewasa. "

Setelah meletakkan sepatu dan pakaian putrinya, ia meletakkan foto ibunya yang telah meninggal di sebelah dia dan mendesah : "Mum, aku hanya bisa melihat foto Anda sekarang, aku tidak bisa melihat Anda dalam daging. Mum, sementara Anda masih hidup Anda bisa membantu saya menjaga anak saya Yufeng. Mum, kau sudah mati hanya satu bulan dan saya mengalami masalah menjaganya. Ibu, anak saya meminta saya uang untuk imunisasi dan aku tidak punya apa-apa untuk diberikan padanya. Mum, aku benar-benar tidak berpikir bahwa saya tidak seharusnya membawa pulang putriku ke rumah miskin untuk membayar kesalahan saya! Mum, sekarang saya pikir, saya hanya dapat melihat gambar yuan 30 ini dari Anda. Mum, bisakah Anda melihat putri saya dan saya dari dunia lain? "

Dipagi hari, Zongyao, yang baru saja bangun tidak bisa berhenti batuk. Dengan bantuan sebuah bangku kayu ia membungkuk di depan kuil kepada leluhur dan berdoa : "Sekarang tubuh saya semakin lemah hari demi hari dan aku khawatir bahwa dalam beberapa tahun, aku akan mati. Aku tidak takut mati, tapi bagaimana dengan putri saya, yang bahkan baru berusia 9 tahun ini? Aku mohon dewa-dewa dalam kebijaksanaan mereka, untuk mengizinkan saya untuk hidup sampai usia putri saya 18 tahun baru saya membuat saya mati! "

Setelah berdoa, Zongyao pergi ke kubur ibunya, tak jauh dari rumahnya untuk berdoa : "Mum, karena Anda lulus, tubuh saya semakin lemah dari hari ke hari! Punggung saya sakit lebih parah! Mum, jika Anda memiliki suara di sorga, saya harap engkau memberkati aku dan putriku. Berkatilah kami agar kami tidak sakit, oke? Aku bahkan tidak punya cukup uang untuk membayar untuk imunisasi, apalagi uang untuk obat-obatan untuk diri sendiri."

"Setiap minggu anak saya pulang dan perubahan sepatu dan pakaian. Aku tidak tahu mengapa, tetapi baru-baru ini saya melihat ibu saya yang telah meninggal dalam mimpi saya. Dalam mimpi, ia memberitahu saya bahwa saya harus menjaga Yufeng sampai dia dewasa dan dia menekankan kepada saya bahwa saya harus memberi makan makanannya yang dimasak dengan minyak. Tapi aku tidak tahu bagaimana melakukan hal itu dan saya hanya dapat menggunakan kecap sebagai pengganti minyak.

Tapi aku tidak tahu bagaimana mencuci pakaian, jadi tidak ada yang bisa saya lakukan, saya hanya bisa membuat yang bisa saya lakukan, aku tidak bisa membiarkan dia memakai pakaian kotor di depan guru "Katanya lembut, sambil mencuci pakaian.

Setelah selesai mencuci pakaian dan makan semangkuk kecil bubur, Zongyao menyibukkan diri dengan pergi keluar untuk menerapkan pestisida ke tunas luar : "Kebijakan pemerintah pusat yang begitu baik sekarang, aku hampir 60 tahun, tapi ini yang pertama kali aku pernah melihat kebijakan yang baik seperti itu, saya tidak perlu untuk menyerahkan apapun kepada pemerintah. Tapi kebijakan bagi mereka naik lebih tinggi adalah kebijakan nyata, orang-orang lebih rendah tidak ada gunanya, mengapa tidak harga gandum naik begitu lama, namun benih dan pupuk telah tumbuh dalam harga berkali-kali?

Mengapa tidak bisa negara membuat peraturan beberapa kali menaikkan harga gandum? Saya tidak punya uang untuk membeli pupuk dan pestisida, saya hanya bisa menggunakan sedikit atau tidak sama sekali, bibit padi saya adalah hampir di luar bantuan, satunya cara aku bisa membeli pupuk sama sekali adalah bahwa seorang kenalan meminjamkan 8 yuan untuk itu. Saya awalnya ingin 40 tapi dia mengatakan bahwa saya sangat miskin sehingga dia tidak akan setuju untuk memberikan saya lebih dari delapan.

"Aku memotong cabang-cabang kecil dari puncak gunung beberapa hari yang lalu, tapi aku mengalami kesulitan bernapas dan aku tidak punya kekuatan untuk membawa seluruhnya ke bawah, aku akan menunggu sampai aku merasa sedikit kuat dan aku akan pergi membawa sedikit lebih jauh, aku sangat lemah sehingga apa lagi yang bisa saya lakukan? Kita tidak bisa hanya menutup mulut kita dan tidak makan, sekarang Saya menerima kenyataan bahwa saya tidak memiliki cukup kemampuan untuk mengizinkan putriku untuk makan makanan yang dimasak dengan minyak yang tepat, tapi aku tidak bisa membiarkannya makan nasi dingin setiap hari". Setelah menerapkan pestisida, Zongyao pergi menjemput ranting pohon lagi. [Diana Chuang / Kendari / Tionghoanews]

Bersambung ....

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA