KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 13 Desember 2011

PERJUANGAN PETANI MISKIN MEMBESARKAN ANAKNYA (2)


Dengan membawa kayu 500 meter dari lapangan ke rumahnya, Zongyao harus berhenti untuk beristirahat tiga kali. Sehubungan dengan situasi saat ini, ia hanya bisa menghela napas : " Aku tidak tahu harus berkata apa tentang diriku sendiri. Saya lahir pada 25 Mei 1951 dan ketika aku masih muda keluarga saya sangat miskin. Ayah mati kelaparan pada 1959 selama Great Leap Forward, saya hanya berumur beberapa tahun.
Setelah ayah meninggal, saya hanya bisa mengandalkan ibu untuk menjaga saya. Ibuku lahir 24 Desember 1927. Setelah ayah meninggal setiap orang di desa mengira ibu sangat disayangkan harus merawat saya dan menyarankan bahwa dia menemukan pria lain, tapi dia tidak pernah setuju untuk melakukannya, sampai ia meninggal. Kemudian, setelah aku dewasa ibu memberitahu saya alasan ayah harus mati kelaparan adalah bahwa dia memilih untuk tidak makan, sehingga dia kelaparan sampai mati karena ia ingin menyelamatkan makanan untuk ibu dan aku.



Ibu mengatakan bahwa ketika ia masih bernapas terakhir, ia menarik tangan kecil saya ke arahnya dan membuat saya berlutut di depan ibu saya, mengatakan bahwa tidak peduli apa pun ia harus tetap hidup dan merawat saya. Setelah ayahnya meninggal, satu-satunya yang dia tinggalkan untuk kami adalah rumah kecil ini, yang dibangun sebelum revolusi. Dalam tahun ke tahun, ibu saya tidak pernah lupa kata-kata terakhir ayah untuk "membesarkan sampai aku dewasa".

Tapi tidak peduli seberapa keras ibu bekerja, kami masih sangat miskin. Karena keluarga saya sangat miskin, tidak ada gadis-gadis yang akan setuju menikah dengan saya. Ketika saya muda, saya melihat teman-teman bermain saya yang saya tahu sejak saya masih anak-anak hingga tumbuh dewasa dan menikah maka saya akan merasa marah dan cemburu. Mengapa gadis mencari yang punya kekayaan dan benci kemiskinan? Tapi ketika saya berusia 40 tahun, aku tidak lagi marah terhadap orang-orang perempuan, karena selama seseorang masih hidup, mereka tentu ingin hidup nyaman, bukan?

Saat itulah aku mengerti bahwa mereka tidak mau menikah dengan saya benar, karena saya tidak hanya keluarga miskin, tapi kami bahkan tidak memiliki tempat yang layak untuk tinggal. Akhirnya tetangga saya, yang telah mendapat uang dari bekerja di tempat lain merenovasi rumah mereka. Ibuku yang malang, melihat bahwa aku tak punya harapan untuk menemukan istri, mulai bertanya di mana-mana untuk mengadopsi seorang bayi perempuan.





Ibu mengatakan bahwa dia tidak bisa menemukan saya seorang istri dan hanya ingin merawat bayi perempuan dan membesarkannya saat dia masih memiliki napas di tubuhnya. Dia mengatakan bahwa hal itu akan membuatnya tetap muda dan ketika aku sudah tua ia akan mampu menjagaku. Pada saat itu saya menentangnya, tapi dia mengatakan kepada saya banyak alasan dan bahkan mengatakan bahwa saya tidak perlu bahkan membantunya dalam merawat dirinya. Mum dan aku mulai mencari-cari keluarga yang memiliki anak perempuan tetapi tidak ada kecuali anak laki-laki. Keluarga-keluarga biasanya menyingkirkan anak perempuan yang baru lahir karena mereka tidak ingin mereka, tetapi kami tidak beruntung.

Mungkin sudah ditulis dalam garis hidup nasib saya adalah untuk memiliki anak perempuan, karena pada 24 Oktober 2000, di tepi Sungai Yangtze tidak jauh dari rumah saya, saya menemukan anak saya. Ketika saya melihat seorang anak kecil gadis miskin, ia begitu dingin sehingga bibirnya hitam. Pada saat itu orang mengatakan bahwa mereka tidak mampu merawatnya dan tidak menginginkannya. Begitu saya melihat ini saya melepas mantel saya untuk membuat selimut sederhana, membungkusnya di dalam dan membawanya pulang.

Orang-orang di sekitar saya mengatakan bahwa dia adalah anak seorang gadis di kota kabupaten dan lahir akibat dari hubungan gelap dia dan pacarnya Shuai ( Shuai dalam dialek lokal berarti "kencan" atau "keluar"). Hal itu tidak baik karena dia tidak menikah sehingga mereka meninggalkan bayi itu begitu saja ...

Ketika ibu saya melihat bayi perempuan itu dia begitu bahagia, ia menanggalkan pakaian basahnya dan bermanja dengannya untuk menghangatkan tubuhnya. Kami tidak berpikir bahwa sehari setelah itu dia mulai menangis dan membuat keributan. Melihat badannya yang gemuk, aku juga mulai perlahan-lahan menyukai anak kecil itu. Karena ia datang ke rumah kami, ibu saya sibuk sepanjang hari menjaganya. Karena kami sangat miskin dan tidak bisa membeli susu, ibu menyuruh saya bertanya-tanya untuk meminjam uang dari semua orang yang dikenal.

Ibu mengatakan bahwa meskipun kami miskin, kami tidak boleh mengabaikan anak yang terlantar! Dengan cara meminjam uang panik, ia dibesarkan. Menyadari bahwa tanpa hukou dia tidak bisa pergi ke sekolah, pada bulan september aku meminjam uang dari seorang kenalan lebih dari 1000 Kuai dengan bunga tinggi dan dibawa ke kantor polisi untuk mendaftarkan hukou nya. Ibu saya bahkan memberinya sebuah nama yang bagus terdengar - Yufeng.

Ibu berharap bahwa, sama seperti kata pepatah, bahwa ia akan menjadi burung phoenix saat ia dewasa. Setelah hukou, ibu menyuruh saya untuk meminjam uang untuk mengirimnya ke TK. Pada bulan Januari 2008 ibu sakit, sementara dirinya berbaring di ranjangnya, ia bahkan tidak akan membiarkan saya meminjam uang untuk membeli obat. Dia bilang dia lebih memilih untuk menyimpannya dan membiarkan si kecil makan makanan yang tepat di sekolah.

Pada bulan September, putri saya mulai kelas satu. Aturan sekolah mengatakan bahwa siswa harus tinggal dan makan di sekolah, kuliah satu tahun adalah sekitar 3000 Kuai. Saya tidak tahu berapa banyak rumah yang saya datangi untuk meminjam uang sehingga berapa orang banyak terlihat jengkel bahkan menolak yang saya temui. Awalnya saya pikir saya akan hanya perlu untuk mendapatkan satu semester 1500 yuan bersama-sama, tetapi sebenarnya saya harus membayar biaya lain juga.

Semester ini, sekolah telah meminta uang padaku sudah beberapa kali. Pertama kali sekolah bilang aku harus menjadi sukarelawan untuk membeli satu set buku atau sesuatu untuk lebih dari 100 Kuai. Coba anda pikirkan, mana mungkin aku tidak membeli mereka? Aku tidak bisa membiarkan anak-anak orang lain semua memiliki buku baru, tetapi hanya seorang anak perempuan saya yang tidak memiliki.

Kali kedua, mereka meminta 20 Kuai dan pada kali ketiga sekolah meminta saya selama 30 Kuai untuk imunisasi. Pada saat saya tidak punya uang, saya pergi ke sekolah dan meminta mereka memberi waktu. Tapi ketika aku sampai di gerbang sekolah, aku memutuskan untuk tidak mengatakan apa-apa, setelah semua aku masih berharap dia menjadi sehat.

Jika saya tidak membayar untuk imunisasi dan dia jatuh sakit, apa yang akan saya lakukan? Oh yeah, aku lupa, sehingga akan lebih mudah untuk menghubungi saya, guru saya telah menghabiskan 150 yuan untuk membeli ponsel dan setiap bulan bahkan jika saya tidak melakukan panggilan dan hanya menerima panggilan, biaya tambahan saya 8 Kuai. Pada awal Maret 2009, saya sakit tetapi terlalu miskin untuk melihat seorang ibu dokter meninggal.

Dengan napas terakhirnya dia terus memegang tangan putri saya, tidak mau membiarkannya pergi, lagi dan lagi instruksi saya bahwa tak peduli betapa miskinnya kita, kita harus melakukan apapun yang kita bisa untuk anak. Dengan menangis, dia bilang dia pikir dia bisa membesarkan sampai dia tumbuh dewasa sebelum meninggal, tidak pernah membayangkan bahwa ia akan mati sebelum putriku bahkan sembilan tahun.

Bahkan saat ia menghembuskan nafas terakhirnya, dia masih menangis dan khawatir tentang biaya sekolah untuk semester berikutnya. Hanya setelah melihat ibu saya benar-benar mati, putri saya yang miskin memeluk neneknya dan benar-benar membiarkan dirinya menangis keras-keras. Anak malang itu tahu apa yang terjadi dan tidak ingin menangis di depan neneknya, tahu bahwa jika dia menangis, maka hal itu akan mudah membuat patah hati neneknya.

Setelah ibu meninggal, aku terus melakukan apa yang disuruhnya untuk mencari biaya untuk putri saya, tapi hidup terus semakin sulit. Gabungan tanah kami hanya sedikit, paling sedikit tanah ini hanya dapat membuat kita tetap hidup. Saya juga ingin pergi keluar, bekerja untuk orang lain tapi..
1. Saya tidak berpendidikan
2. Saya tidak memiliki tubuh yang kuat, sehingga tidak ada yang akan bersedia untuk mempekerjakan saya.

Punggung saya sakit dan semakin parah setiap tahun, aku tidak bisa melakukan pekerjaan berat, tapi aku harus terus melakukannya, apa yang akan terjadi jika saya keluar? Apa yang akan kita makan? Karena kita tidak punya uang untuk membeli pestisida atau pupuk, ditambah fakta bahwa saya tidak memiliki kekuatan untuk menggarap ladang, panen keluarga kami hasilnya sangat sedikit, sehingga kita bahkan mengalami kesulitan untuk makan diri kita sendiri.

Aku sudah memikirkan untuk memelihara beberapa babi untuk meningkatkan dan mendapatkan uang sedikit lebih, tapi siapa yang akan memberi saya babi ? Kami hanya pernah membesarkan dua ayam kecil. Saya selalu mengatakan pada putri saya, tunggu sampai ayam kecil mulai bertelur, saya pasti akan menyiapkan beberapa baginya untuk makan! Pada bulan sejak ibu meninggal, saya berkunjung ke makamnya hampir setiap hari.

Aku terus berharap bahwa sementara dia di dunia lain, dia bisa memberkati kita untuk memiliki makanan yang baik dan pakaian, tapi pakaian kita masih tua dan compang-camping dan makanan kita masih langka. Yang paling menyebalkan adalah bahwa gadis-gadis lain seusianya memiliki waktu yang besar, tetapi mengapa kita tidak bisa? Ketika putri saya pulang pada hari Jumat, aku bahkan tidak bisa memberinya sepotong daging baginya untuk makan.

Aku akan mengatakan sesuatu sekarang dan tidak akan takut jika Anda tertawa, keluarga kami hanya bisa melihat orang lain makan babi, bahkan ketika ibu saya masih hidup kita tidak akan makan daging sekali pun, sepanjang tahun. Hampir semua pakaian putri saya diberikan kepadanya oleh para guru yang merasa kasihan pada dirinya.

Putri orang lain mendapatkan 5 mao atau 1 uang Kuai saku untuk membeli jajanan di sekolah dan semua yang bisa saya lakukan adalah mengambil tagihan 1 Kuai ke toko untuk bertukar selama sepuluh 1 tagihan mao dan dapat memberikan putriku hanya satu dari mereka 1 mao tagihan setiap hari Minggu untuk mengambil ke sekolah minggu.

Jadi mungkin bahwa nenek moyang saya terlalu banyak berdosa dan sekarang saya harus membayar untuk itu. Karena saya tidak punya cukup uang untuk membeli obat Barat saya hanya dapat memiliki pengobatan Cina, dan semua orang di desa memanggil saya "Panjang Zhongyao" ["Zhongyao" berarti pengobatan Cina dan adalah plesetan nama-Nya "Zongyao"].

Mereka menertawakan saya, mengatakan bahwa ketika saya lahir ayah saya memilih nama yang salah untuk saya, ia harus memiliki nama aku "Panjang Xiyao" ["Xiyao" akan kedokteran Barat], seolah-olah dia telah menelepon saya bahwa saya akan mendapat Obat obat Barat yang lebih sering dan tidak obat Cina.

Seseorang di desa pernah mengatakan kepada saya bahwa keluarga miskin seperti saya bisa menerima beberapa jenis subsidi dari pemerintah, jadi saya memutuskan untuk menemukan kepala desa kami untuk menerapkan atas nama ibu untuk keuntungan kesejahteraan, namun kepdes mengatakan bahwa tidak berlaku subsidi bagi kita.

Melihat bahwa saya benar-benar tidak dapat menaikkan / mendukung putri saya, desa lain menyarankan agar saya mengirimnya ke rumah yang lebih baik, tapi saya tidak setuju. Ingat, bahwa putri saya hanyalah bayi yang baru lahir ketika dia datang ke dalam hidup saya dan sekarang bahwa dia telah dewasa dan matang, saya pasti tidak bisa menerima dipisahkan dari putriku ketika kita telah datang semua cara ini tergantung pada satu sama lain.

Ini bukan bahwa saya enggan untuk membiarkan dia pergi, saya hanya merasa bahwa dia akan menjadi garis hidup saya di masa depan! Anda bekerja keluar, kalau aku cukup beruntung untuk hidup sepuluh tahun lagi, saya tidak akan dapat menikmati beberapa buah kesuksesannya? Kadang-kadang, saya berpikir untuk diriku sendiri, dengan menjaga putri saya dan tidak membiarkan dia pergi ke keluarga lain, menyakitinya (masa depan)? Tapi aku benar-benar tidak tahan kalau putri saya meninggalkan saya!

Mengapa dia harus punya seorang ayah miskin? Jika ia dari awal memiliki ayah kaya, betapa besar yang akan Setidaknya dia tidak harus mengalami penderitaan seperti itu, kan? Banyak kali ketika saya sedang sakit, putri saya telah memegang kepala saya untuk menghiburku. Setelah itu putri saya memelukku, mengatakan bahwa dia khawatir jika aku mati tidak ada yang ingin dia dan bahwa tak seorang pun mencintainya.

Lupakan saja, saya tidak merasa seperti bercerita tentang hal semacam ini, saya hanya berpikir itu dan merasa ingin menangis! Saya tidak yakin berapa banyak dia mengerti, tapi dia tidak pernah menghabiskan uang di sekolah membuat saya berpikir bahwa dia mengerti setidaknya bahwa ayahnya adalah miskin. Saya sering pergi ke sekolah untuk menanyakan tentang kinerja akademik anak saya dan guru mengatakan bahwa kinerja nya adalah dari tingkat menengah ke atas.

Sekarang dia semakin hari lebih matang demi hari, dia mulai menjadi lebih rapi dan cantik. Dia membeli sampo dari sekolah dan mencuci rambutnya sendiri. Dia bahkan mengatakan kepada saya bahwa dia siswa yang bertugas menjaga kebersihan kelas. Sekarang tubuh saya semakin lemah hari demi hari, saya tidak punya masalah dengan itu, saya hanya berharap bahwa ibu saya dapat memberkati saya dan memungkinkan saya untuk merawat anak saya sampai dia 18 tahun dan memungkinkan saya untuk mati hanya setelah itu.

Jika saya bisa membesarkannya sampai dia 18, aku akan bisa mati dengan damai, tanpa kekhawatiran atau penyesalan. Ketika saatnya tiba aku akan memegang tangannya dan berkata kepadanya : "Putri, ayah telah melakukan dan membawa Anda sampai dewasa, sekarang ayah bisa pergi dengan damai ..."

"Hujan dan angin datang melalui rumah sehingga punggung saya sakit lebih dari sebelumnya, putri saya di kelas dua dan nilai-nilainya cukup baik. Itu benar, pada semester kedua tahun ini saya pergi ke kader villiage lagi untuk mengajukan permohonan bantuan pemerintah dan ia mengatakan bahwa ia sudah diterapkan atas nama saya, tetapi tidak menerima persetujuan apapun. Aku benar-benar tidak ingin menjadi beban bagi negara, tapi saya tidak punya pilihan lain.

Saya benar-benar khawatir bahwa saya tiba-tiba akan mati, karena apa yang akan terjadi dengan putri saya kemudian? Tapi sekali lagi, kesalahan siapa itu bahwa aku seperti seorang ayah yang tidak berguna? Saya tidak pernah menyalahkan warga desa lain untuk tidak meminjamkan saya uang, Bagaimana bisa orang seperti saya bisa pernah membayar mereka kembali ? Seperti saya katakan sebelumnya, asalkan anak saya bisa mencapai 18-tahun, saya sudah bisa beristirahat dalam damai ..." [Diana Chuang / Kendari / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA