KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 08 Agustus 2011

CHAU DU FA HUI, UPACARA NYADRAN WARGA TIONGHOA MAGELANG

Tradisi Nyadran, ternyata juga dilakukan warga Tionghoa. Seperti yang dilaksanakan ratusan umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok An Kiong Muntilan Minggu (7/8). Mereka menggelar upacara 'Nyadran' yang mereka sebut dengan Upacara Chau Du Fa Hui atau upacara pemberian persembahan kepada orang tua dan nenek moyang yang telah meninggal dunia.



Seperti Nyadran, dalam upacara yang berlangsung sejak Sabtu (6/8) hingga Minggu kemarin, dipenuhi hidangan makanan dan minuman.  Namun seluruhnya  diletakkan di bawah bendera kecil, bertuliskan nama leluhur masing-masing keluarga.



Beberapa makanan khas seperti kue mangkuk yang melambangkan kemakmuran, kue cetak sebagai simbol harapan panjang umur dan wajik yang bermakna kerekatan persaudaraan juga disediakan. Yang menarik, dalam upacara kemarin juga terdapat miniatur rumah juga replika kapal laut yang akan mengantar seluruh doa dan persembahan mereka tersebut.



Upacara diawali dengan  pemanggilan para arwah, di Halaman Klenteng yang telah berusia lebih dari 100 tahun itu. Upacara dipimpin Chen Li Wei Dao Chang, murid generasi ke 22 Quan Zhen Long Men tokoh besar umat Tiong Hoa, diikuti ratusan warga Tiong Hoa dari Muntilan, Purworejo, Solo, Yogyakarta dan sekitarnya. "Acara ini sebagai bentuk menghormati arwah leluhur," kata Ketua Panitia Upacara, Budiyono, disela-sela upacara kemarin. [Liana Yang, Surabaya, Tionghoanews]



Ingat! Teman-teman bebas mengirim artikel juga ke blog ini yang berhubungan dengan Tionghoa (Chinese) dalam dan luar negeri, melalui email: indonesia.chinese.ngepost@blogger.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA