KISAH | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 25 September 2011

HADANG PRODUK CHINA DENGAN MENAIKKAN BEA MASUK

Ketua Komite Tetap Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Handito Joewono menilai, Indonesia tidak dapat menghambat masuknya produk impor pada saat krisis, sama seperti sebelum krisis.

Satu-satunya cara menghambat serbuan produk China adalah dengan mengurangi minat beli masyarakat terhadap produk tersebut. Mengurangi minat salah satunya dapat ditempuh dengan membuat harga produk impor lebih mahal dari produk dalam negeri.

"Minat beli terhadap produk impor bisa di kurangi melalui pemberlakuan pajak atau bea masuk dan sejenisnya yang akan meningkatkan harga jual produk impor," jelas Handito dalam surat elektroniknya, Minggu (25/9).

Bersamaan dengan itu, minat beli terhadap produk dalam negeri terus ditingkatkan. "Kampanye produk Indonesia, perbaikan kualitas, dan peningkatan daya saing merupakan cara efektif untuk meningkatkannya," lanjutnya.

Menghambat impor dengan membuat aturan yang diskriminatif, melanggar peraturan World Trade Organization (WTO) atau melanggar kesepakatan Free Trade Agreement. Hal itu dapat berdampak negatif terhadap ekspor Indonesia.

"Hal demikian bisa menimbulkan reciprocal action dari negara yang dirugikan dengan langkah tersebut," katanya. [Tony Ng / Jakarta / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: BERITA